SMKN 1 Idi Gelar Job Fair dan Expo Produk Jasa Libatkan 10 Dunia Usaha dan Industri

SMKN 1 Idi sukses gelar kegiatan Job Fair dan Expo Produk Jasa SMK PK. Dimana pembukaan acara secara resmi dilakukan oleh Bapak Rahmatsah Putra, S.Pd., M.S.M., selaku Kepala Cabang Dinas Kabupaten Aceh Timur. Turut hadir serta dalam acara pembukaan Job Fair dan Expo Produk Jasa SMKN 1 Idi yaitu Bapak Zainal, perwakilan dari dunia industri PT. Alfa Scorpi, Perwakilan Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kebupaten Aceh Timur, Perwakilan dari PT. Kuba Jaya Teknik (Iconnect), dan masih banyak lagi para hadirin dari berbagai kalangan yang ikut serta memeriahkan acara pembukaan seperti beberapa Kepala Sekolah SMK/SMA, Pengawas Sekolah, dan para alumni SMKN 1 Idi serta masyarakat umum.

Kegiatan Job Fair dan Expo Produk Jasa SMKN 1 Idi berlangsung selama 2 hari berturut-turut pada Selasa - Rabu (12-13/12/2023) dari pukul 08.00 - 15.00 WIB. Kegiatan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan P5 yang bertemakan "Kebekerjaan" sehingga keduanya akan saling berkaitan. 

Adapun tujuan dari diadakan kegiatan Job Fair dan Expo Produk Jasa SMK 1 Idi ini adalah untuk menjaring para lulusan SMKN 1 Idi khususnya agar terjaring di dunia usaha dan industri. "Tujuan dari diadakannya Job fair dan Expo Produk Jasa SMKN 1 Idi yaitu untuk menjaring para lulusan dari alumni SMKN 1 Idi yang sudah tersebar ke berbagai daerah agar dapat terjaring di dunia usaha dan industri yang membutuhkan, sekaligus merupakan dari kegiatan berkelanjutan sekolah Pusat Keunggulan (PK), untuk tahun ini. Selain itu tujuan kita adalah untuk menyalurkan tenaga kerja. Saya berharap, setiap alumni yang berhadir dapat memanfaatkan setiap momen dan peluang yang ada di Job Fair ini dengan bijak. Semoga acara ini memberikan manfaat yang besar bagi kita semua." ucap Bapak Antoni Samad, S.T., M.Si., selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Idi secara langsung pada saat acara pembukaan Job Fair dan Expo Produk Jasa SMK 1 Idi.

Dalam rangkaian kegiatan Job Fair dan Expo Produk Jasa SMKN 1 Idi, tentu saja bukan hanya berpusat pada dunia usaha dan industri dan alumni saja, namun berbagai ajang penampilan dan pameran expo dari setiap program keahlian juga terlihat dipamerkan di beberapa stand yang sudah disediakan seperti Produk, Kreatif dan Kewirausahaan yang merupakan hasil dari produk Teaching Factory selama proses pembelajaran bersama peserta didik juga ikut diperlihatkan. Dan tidak mau kalah program keahlian dari Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) bekerja sama dengan dunia usaha dan industri menawarkan pemeriksaan dan perawatan kendaraan sepeda motor dan mobil seperti service berkala dengan harga yang lebih terjangkau.

Pada hari pertama, tanggal 12 Desember 2023 rangkaian kegiatan dilakukan mulai dari pembukaan acara Job Fair dan Expo Produk & Jasa SMKN 1 Idi, kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Idi, Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Timur, Bapak Pendamping SMK PK, dan Perwakilan dari Dunia Industri yaitu dari PT. Alfa Scorpi.

Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan hasil karya peserta didik dari kelas XII Program Keahlian Desain dan Produk Busana, serta penampilan karya terbaik dari salah satu alumni dari jurusan yang sama diajang Fashion Show, serta kegiatan demonstrasi proses pembuatan Eco-Print yang melibatkan peserta dari MTsN dan SMP yang berhadir dan demonstrasi pembuatan batik yang bisa disaksikan langsung oleh para pengunjung.

Pada hari kedua, tanggal 13 Desember 2023 acara berlanjut dengan kegiatan Fashion Show khusus untuk kelas XI DPB serta panen karya P5 dengan tema Kebekerjaan. Dimana hasil panennya juga akan dipamerkan di stand P5 langsung dan para pengunjung juga melihat langsung bagaimana proses kegiatannya.

Yang nggak kalah penting juga ada sesi wawancara langsung bersama perwakilan dunia usaha dan industri untuk perekrutan tenaga kerja untuk alumni SMKN 1 Idi yang sudah hadir dengan membawa CV terbaik mereka masing-masing.

Dengan berlangsungnya Job Fair dan Expo Produk & Jasa SMKN 1 Idi akan menjadi awal yang baik dalam perjalanan karir siswa dan alumni. Karena kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, melainkan diperlukan kerja keras, ketekunan, dan tekad yang kuat untuk mencapai impian.